Sunday, October 21, 2012

FAQ pe1 sebelum UTS

FAQ pe1 sebelum UTS

Mengapa namanya opportunity cost (OC)?
OC tidak sama dengan biaya ya teman-teman. Makanya OC itu implisit karena kita tidak benar-benar menanggung biaya itu. OC adalah benefit yang tidak jadi kita terima karena kita tidak jadi memilih alternatif pilihan tersebut. The next best value. Jadi kalo OC dari kamu kuliah di FEUI itu kamu bandingkan dengan kuliah di FHUI atau UGM, maka OC kamu itu adalah membandingkan expected income jika sudah lulus nanti. Bisa juga dibandingkan utility kamu sekarang gimana dibandingkan utility kamu jika kuliah di tempat lain. Sedangkan biaya BOP, kos, makan, laundry, tiket kereta, bensin, biaya parkir, itu semua bukan OC. Itu biaya yang memang harus kamu tanggung saat masuk FEUI.

Demand&supply


Pada soal shifting dan movement berarti meminta kalian menjelaskan movement dan shifting di masing-masing kurva. Baik permintaan atau penawaran. Jangan digabung. Tidak perlu menceritakan ekulibriumnya karena itu tidak ditanyakan.
Lalu, bedakan antara shifting ke atas dan ke kanan. Secara grafik keduanya tidak memiliki perbedaan, tetapi secara makna keduanya berbeda. Shifting ke atas berarti pada semua tingkat kuantitas yang diminta/ditawar mengalami peningkatan harga. Shifting ke kanan berarti pada semua tingkat harga yang diminta/ditawar mengalami peningkatan jumlah barang.

SE IE
Apakah saat mau melihat IE harus selalu ada perubahan pendapatan nominal? Tidak. IE bisa dilihat saat perubahan harga. Perubahan harga memiliki 2 dampak. Keduanya bekerja bersamaan tidak dapat dipisahkan.
  1. Efek pendapatan : digambarkan dengan perpindahan titik di IC yang bergeser (shifting)
  2. Efek substitusi: digambarkan dengan perpindahan titik di IC yang sama (moving a long IC)

No comments:

Post a Comment