Wednesday, October 10, 2012

Soal UTS Pengantar Ekonomi 1 FEUI 2011


Berikut adalah soal UTS PE1.
Semoga bermanfaat


 
Soal 1
Pengambilan Keputusan merupakan inti dari ilmu ekonomi. Setiap individu harus memutuskan apakah akan menabung pendapatannya untuk masa pensiun nanti, dan berapa yang akan dibelanjakannya untuk membeli baran dan jasa, berapa lama bekerja dan apakah akan memanfaatkan libur. Perusahaan harus memutuskan berapa banyak barang akan diproduksi, dan berapa pekerja yang akan direkrut. Pemerintah juga harus memutuskan berapa banyak yang akan dibelanjakan untuk pertahanan negara, dan berapa banyak yang akan dibelanjakan masyarakatnya.
  1. Apa yang dimaksud opportunity cost. Definisikan dan berikan contoh.
  2. Anda ingin memanfaatkan libut tengah semester dengan berlibur ke Bali. Oleh karena itu, anda tidak bisa bekerja paruh waktu di kampus seperti biasa yang menghasilkan Rp1.000.000. anda juga berarti tidak bisa tinggal di rumah orang tua yang tidak perlu membayar. Biaya untuk ke Bali adalah Rp500.000 dan biaya tinggal di wisma dan makanan adalah Rp200.000. berapa opportunity cost dari perjalanan libur anda? Mengapa?
  3. UI telah membangun gedung parkir baru. Sekarang selalu tersedia lahan parkir, tetapi biayanya Rp5.000 per hari. Sebelum gedung parkir dibangun, biasanya diperlukan waktu 15 menit untuk mencari tempat parkir. Bandingkan opportunity cost dari gedung parkir baru dengan parkir lama. Manakah yang lebih murah, dan berapa banyak lebih murah?


Soal 2
  1. Dalam analisis permintaan, dibedakan antara movement along the demand curve dan shifting of the demand curve. Jelaskan perbedaan antara keduanya dan jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  2. Dalam analisis penawaran, dibedakan antara movement along the supply curve dan shifting of the supply curve. Jelaskan perbedaan antara keduanya dan jelaskan pula faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  3. Gambarkan sebuah grafik, terjadinya harga keseimbangan (P*) dan kuantitas keseimbangan (Q*) dari barang X di pasar. Jelaskan apa yang terjadi jika pemerintah menetapkan harga pasar yang berbeda dengan harga keseimbangan (P*) yang telah terbentuk
  4. Misalkan daging ikan merupakan substitusi tunggal dari daging ayam. Jika harga pakan ternak ayam mengalami kenaikan, bagaimana pengaruhnya terhadap harga dan kuantitas keseimbangan di pasar ayam, serta bagaimana pula pengaruhnya terhadap harga dan kuantitas keseimbangan di pasar ikan (petunjuk: jelaskan dalam 2 grafik yang berbeda)

untuk lengkapnya dapat di download disini 

untuk jawabannya segera menyusul ya teman-teman... 

*EDIT: bisa di download sekarang

 

2 comments:

  1. ada soal uas PE 1 2011 2012 nya gak ya?

    ReplyDelete
  2. buat bahan belajar uas nanti :)

    terima kasih. klo ada tolong di share ya sama kunci jawabannya ;D

    ReplyDelete