Sunday, November 21, 2010

pelajar juga bisa kok :)

by Venty Aja on Tuesday, 07 April 2009 at 17:25
Suka sedih deh kalo melihat sekitar. Sedih melihat Islam dihina, sedih melihat banyak banget orang-orang ngga paham apa itu islam, gimana indahnya islam. Sedih melihat banyak orang yang jadi antipati dengan islam karena orang-orang itu hanya melihat umatnya, bukan Islamnya. Indahnya Islam seakan-akan memudar seiring bertambahnya orang yang mengaku Islam. Umat islam yang begitu banyak tapi hanya sedikit yang tau ajaran Islam, dari yang sedikit itu, lebih sedikit lagi yang paham, apalagi yang benar-benar mengimplementasikannya dalam hidup. Malu ngga sih, ketika kita tidak dapat melakukan apa-apa untuk agama kita ini? Ngaku Islam, tapi ngga ngapa-ngapain. “Berat ah, udah lah itu urusan orang dewasa aja. Lagian kita bisa ngapain? Ngomong aja belum tentu didengerin. Kita kan pelajar, ya belajar aja”. Sebagai pelajar juga bisa kok. Kita menjadi pelajar yang selalu bekerja keras, mencintai kedamaian, dan memperbaiki diri sendiri.

Menjadi pelajar yang bekerja keras. Susahkah? Ngga kok. Yang penting kita tidak mengeluh dan memanfaatkan waktu yang kita punya. Ketika kita menahan diri kita unutk mengeluh, secara otomatis, diri kita akan berbuat yang lain sehingga waktu kita tidak terbuang hanya untuk mengeluh. Dan ketika kita menahan diri kita, disaat itu juga kita sedang menyugestikan diri kita bahwa kita bisa dan terus maju! Terus kalo sedang tidak ngapa-ngapain, kita isi dengan kegiatan lain baca atau belajar.*kesannya memang aneh sih, tapi itu lah pergeseran budaya, pelajar belajar kok dianggap aneh*. Dari pada melamun atau malah gibah.

Yang kedua, menjadi pelajar yang cinta damai. Entah kenapa sepertinya banyak yang mengidentikkan Islam dengan kekerasan. Aneh, padahal Islam itu damai banget lohh. Nah, kita sebagai pelajar harus bisa nunjukin kalo Islam itu memang-memang damai. Jaga omongan, jaga kesopansantunan kita, tunjukin sikap seorang muslim sejati. Ada seorang teman sedang di bis dan melihat segerombolan anak-anak berkopiah bergelantungan di pintu bis. Omongannya itu lohhh ngga nahan, anj***, ngent**. Lengkap deh. Taukah mereka mau kemana? Mereka mau maulid-an. Mmm, mau maulid-an tapi omongannya kaya gitu. Gimana orang yang tidak mengenal Islam menjadi membuat kesimpulan sendiri kalo seperti ini??? Ditahan doank bicaranya. Terus, kalo ada masalah, ngga usah ngoto-ngototan lah. Ngga akan menang juga. Lebih baik dibicarakan baik-baik, dicari solusi yang sama-sama ngenakin. Dimusyawarahkan aja, Islam sangat mengajurkan musyawarah bukan?

Yang terakhir, menjadi pelajar yang selalu perbaiki diri sendiri. Ini berarti kita menjadi pelajar yang terbuka dengan kritik dan selalu belajar. Ketika dikritik Islam itu brutal, ya didenger aja dulu, baru deh kita pikir kenapa ya bisa gitu, terus apa nih yang dapat kita lakukan. Gitu juga ketika ada masalah, jangan buru-buru marah, ditelaah aja dulu kenapa ya kok bisa sampai begini, apa ya hikmahnya, apa yang bisa kita lakukan supaya lain kali kita ngga jatuh di masalah yang sama. Mulailah memperbaiki diri sendiri dulu, insyaAllah yang disekitar kita akan menyusul kok. Jadi, ngga perlu repot-repot nyuruh orang lain berubah, ubah aja diri sendiri. Berikan mereka contoh konkret indahnya Islam lewat diri kita.

Jadi, sebagai pelajar pun kita bisa kok ‘melakukan sesuatu’. Mulai saat ini dari diri sendiri. Menjadi pelajar yang selalu memperbaiki diri sediri untuk agamanya. :)



*maaf ya masih amat sangat abal. maklum baru belajar :D
minta kritik dan sarannya donk

No comments:

Post a Comment